About

Berbagi adalah kemuliaan. Semakin banyak berbagi menjadikan kita semakin kaya. Kaya dalam Nuraniah

Pages

Thursday, August 2, 2012

Pemimpin Ying -Yang (Bagian II)

Bagaimana cara untuk menyeimbangkan gaya ‘YING’ dan ‘YANG’


1. Kenali Bawahan Anda
Kenali disini tidak hanya tahu mereka, namun juga sediakan ruangan dalam benak anda untuk menghafal informasi pribadi mereka. Karena pada dasarnya setiap manusia akan merasa senang bila namanya diingat plus beberapa data personal mampu Anda ingat pula.
Ingat, everybody wants to be treat very personal.

2. Tampilkan Perasaan Anda Yang Terdalam
Beritahukan pada diri mereka, bahwa mereka bukan orang lain. Berbagilah perasaan dan pengalaman dengan mereka. Hal ini akan membuat Anda semakin dicintai. Dan akan membuka pintu berbagi mereka kepada anda sebagai atasan mereka.Tentunya akan membuat anda lebih mengerti permasalahan di lapangan.

3. Make Them Special
Jadikan diri mereka special. Berikanlah penghargaan bagi tim member anda. Tidak harus besar - besaran, tapi sekedar kalimat pujian dan tepukan penyemangat di pundak mereka. Bukan masalah besar kecil hadiahnya, namun lebih pada perhatian special yang diberikan atasan kepada bawahan. Karena semakin tinggi posisi anda, maka hal - hal kecil yang anda lakukan bagi bawahan akan membuat perasaan special di hati mereka.

4. Sediakan Waktu
Selain sebagai pemimpin anda juga berperan sebagai konselor. Sediakan minimal waktu 1 x dalam setahun untuk berbicara dengan mereka, satu persatu tentunya, karena akan memasukkan unsur personal, terutama bila memang ada masalah atau konflik personal tentunya. Dan yang paling perlu diingat adalah sediakan waktu anda untuk melakukan coaching and conseling.

5. Jaga Integritas Anda.
Menjaga sikap anda berarti menjaga integritas anda, kendalikan apa yang anda katakan, lakukan dan perbuat. Anda disini sebagai orang yang dicontoh dan disorot jadilah yang terbaik dan keep your heart in the right way.

Semoga sukses untuk menjadi pemimpin yang bisa memadukan
unsur ‘YING’ dan ‘YANG’

No comments:

Post a Comment

Translate

terselubung

Rangkuman Pelajaran Sekolah

Desktop Inspirations