About

Berbagi adalah kemuliaan. Semakin banyak berbagi menjadikan kita semakin kaya. Kaya dalam Nuraniah

Pages

Sunday, December 2, 2012

Perencanaan Keuangan (4)

Belanja

1. Buat daftar barang yang akan kita beli sebelum pergi berbelanja. Berdisiplin untuk hanya membeli apa yang ada dalam daftar.

2. Jauhi merokok. Kita hanya akan kehilangan banyak uang yang telah susah payah kita dapatkan.

3. Bila sekarang kita masih merokok, berusahalah untuk segera berhenti merokok. Cari tahu bagaimana segera keluar dari kebiasaan buruk tersebut.

4. Batasi pembelian barang-barang yang harganya menurun, seperti barang-barang elektronik.


5. Manfaatkan harga grosir. Namun karena harus membeli dalam jumlah banyak, belilah barang kebutuhan yang dapat tahan lama, seperti kebutuhan cuci atau mandi.

6. Apabila kebutuhan bahan makanan atau minuman keluarga kita cukup besar, manfaatkanlah harga grosir.

7. Miliki rumah yang bagus dan cukup beli kendaraan yang murah, karena harga rumah terus naik, sementara harga mobil terus menurun.

8. Usahakan untuk selalu makan pagi di rumah. Makan pagi di tempat kerja atau sekolah memaksa kita mengeluarkan uang lebih banyak.

9. Jangan memaksakan diri untuk mentraktir teman-teman kalau kondisi keuangan kita tidak memungkinkan. Ada banyak cara kok untuk pertemanan.

10.Jangan gunakan jurus “bilamana” untuk pembelian barang konsumtif.

11.Tidak perlu membeli DVD film terbaru. Cukup sewa saja. Toh palingpaling anda hanya menontonnya untuk beberapa kali saja.

12.Bila ingin membeli mobil, belilah mobil bekas atau seken. Harga mobil baru akan turun drastic dalam 4 tahun pertama.

13.Manfaatkan kupon diskon dan voucher belanja yang anda dapatkan. Namun, perlu diingat bahwa anda memang membutuhkan barang atau jasa yang dimaksud. Bila kita tetap memaksakan diri membelinya, hal tersebut justru malah menjadi sumber pemborosan.

14.Manfaatkan layanan gratis untuk memenuhi kebutuhan tertentu anda. Misalnya anda kini bias mendapatkan e-book atau buku dalam bentuk file elektronik dari internet secara cuma-cuma.

15.Belilah obat generik, selain harganya murah khasiatnya pun sama dengan obat-obat bermerk kok.

16.Tidak perlu beli tissue yang bermerk dan harganya mahal. Asal kualitasnya tidak jauh berbeda, membeli dengan merk yang tidak terkenal akan sangat menghemat.

17.Jangan pandang sebelah mata pasar barang bekas. Dengan harga yang jauh lebih murah, asal sedikit tekun mencari kita bisa mendapatkan barang dengan kualitas bagus.

18.Hindari makelar atau perantara setiap kali anda akan membeli sesuatu. Ingat anda akan membayar lebih dari harga sesungguhnya. Dengan sedikit usaha, kita bias kok ketemu langsung dengan penjuallnya.

19.Akan sangat menghemat apabila kita hanya menyewa barang-barang yang kita butuhkan untuk sementara waktu, seperti baby carriage.

20.Miliki kartu anggota baik supermarket atau took buku dimana biasa anda berbelanja kebutuhan bulanan anda. Biasanya sebagai anggota kita akan mendapatkan potongan harga setiap kali kita melakukan transaksi.

No comments:

Post a Comment

Translate

terselubung

Rangkuman Pelajaran Sekolah

Desktop Inspirations