About

Berbagi adalah kemuliaan. Semakin banyak berbagi menjadikan kita semakin kaya. Kaya dalam Nuraniah

Pages

Tuesday, April 23, 2013

Psikologi anak (1) - UNTUKMU..... ANAK-ANAKKU

Anakku,

Nak, Maka maafkan ibu jika untuk membuat kalian mengerti membuat ibu harus marah dan keras pada kalian. Saat mengandung, melahirkan, menyusui dan menemani kalian tumbuh besar adalah saat yang tak akan tergantikan lelahnya nak, . Tapi ibu sangat iklhas karena ibu yang mengharapkan kehadiran kalian didunia ini. Mungkin kalian tak pernah ingat, kecuali kenangan samar yang terlihat dari semburat ceria wajah kalian dari foto-foto kecilmu. Mengertilah nak, jika ibu tua nanti mungkinakan sangat merepotkan dan menyusahkanmu. Akan terlihat kolot dan menjengkelkan, karena di mata ibu kalian adalah tetap seorang anak kecil tak berdaya yang butuh perhatian, pertolongan dan pelukan ibu
Maaf jika ibu tak bisa memandangmu sebagai orang dewasa, karena itu simpanlah di memori kalian untuk selalu seperti ananda yang polos, ceria dan selalu berpikiran positif, karena semua itu adalah senjata kalian jika suatu hari kalian bertemu dengan semua hal yang tidak kalian sukai yang berlawanan dengan hatimu, membuat kalian bijaksana untuk mengambil sikap dan keputusan. Pertemuan kalian dengan segala yang tak kau senangi adalah ujian.Tahukah kalian bahwa ikhlas dan sabar ada karena ujian, dan ujian itulah yang akan membuat kalian menjadi bijaksana. Karena di ujung dari sebuah ujian adalah sebuah harapan.

Nak....tahukah kalian bahwa ketika harapan mu itu hilang? “Karena kerja kerasmu gagal. Maka saat itulah engkau akan menemukan apa yang kamu cari. Tak selalu keberhasilan itu membawa mu pada kesenangan dan tidak selalu kegagalan itu membawamu pada kesedihan. Semua kegagalan dan keberhasilanmu itulah yang harus kalian sadari untuk menilai dan mengerti betapa berharganya sebuah kehidupan. Kalian lahir karena Tuhan percaya bahwa kalian bisa membuat hidup orang lain bermakna dan berharga bukan semata untuk beberapa buah kesenangan Kepolosan, berpikiran positif dan selalu ceria akan membuat hatimu selalu menang meski di atas kertas engkau kalah, anakku.

Kemenangan akan menjadikanmu rendah hati dan kekalahan akan membuatmu sanggup berlapang dada. Tuhan memberimu akal untuk berpikir dan perasaan untuk menilai. Hidup itu bukan matematika, tapi perhitungan yang matang akan membuat logikamu bersambung tepat dengan perasaanmu. Dengan hatimu. Karena itu jangan pernah kau tinggalkan kewajibanmu sebagai seorang yang taat dan taqwa pada Sang KHALIK. Agar hidayahNYA akan selalu menuntun logika dan hatimu pada arah yang benar.

Jika tiba saat ibu untuk pulang, Doa ibu tak akan pernah usai, meski ibu sudah berkalang tanah, karena dalam namamu ada harapan-harapan akan kebaikan untuk dirimu nak. Ibu berikan kalian nama indah untuk mengabadikan doa ibu pada kalian. Ibu minta dengan sangat. Jangan kau buat arti nama itu rusak. Berjanjilah nak !!. Jika ibu salah, belajaralah dari kekhilafan ini, agar pribadimu lebih sempurna. Dan khilaf ini jangan kau balas dengan amarahmu. Bicaralah pada Tuhanmu agar hidayahNYA membimbing ibu untuk kembali, karena restu Tuhanmu ada di tangan Ibu.

Dan Ibu harap, selalu berharap dengan segenap kekuatan ibu, agar kalian tidak berada dalam kekhilafan. Doa kalianlah yang kelak menerangi kuburan ibu nak. Jagalah kerapihan dan kesantunanmu agar kelak kalian dipandang berharga. Jagalah tutur kata kalian agar kelak suara kalian didengar dan tegaskanlah langkah kalian, agar jalan yang akan kalian tempuh selalu lurus adanya. Jagalah hati kalian agar kesombongan tak menjadikan kalian budak dan kasih saying akan selalu mengendalikan kalian. Segenggam permen yang Ibu bekali ke sekolah adalah untuk kalian belajar berbagi agar kalian jauh dari kekikiran. Seringkali tak ibu puaskan keinginanan kalian agar kelak kalian sanggup mengendalikan ambisi. Jika papan tempat kalian sekarang berteduh sempit dan bocor, bercita-citalah agar kalian kelak tinggal di tempat yang luas dan kokoh. Jika menu yang Ibu siapkan sehari-hari tidak mengunggah selera, bercita-citalah agar kelak kalian selalu bisa bersantap direstoran hotel bintang lima. Jika sandang baru yang ibu belikan, hanya saat hari raya menjelang, maka bercita-citalah agar kalian kelak bisa berbelanja setiap saat kalian mau. Dalam Alquran juga ditegaskan bahwa diantara mereka juga ada yang menjadi “musuh dari orangtuanya” QS 64:14

No comments:

Post a Comment

Translate

terselubung

Rangkuman Pelajaran Sekolah

Desktop Inspirations