About

Berbagi adalah kemuliaan. Semakin banyak berbagi menjadikan kita semakin kaya. Kaya dalam Nuraniah

Pages

Sunday, July 8, 2012

Bersyukur adalah bagian dari Kualitas Moral



Zhu Yongchun (1617-1688) adalah seorang filsafat Cina yang terkenal. Beliau menulis 506 kata petuah sebagai instruksi kepada pelanjutnya. Beberapa kalimat dari petuah tersebut menjadi paling banyak diulang dan dipelajari. Dia berkata “Untuk setiap mangkuk yang kamu minum atau setiap butir nasi yang kamu makan, Kamu harus ingat seberapa sulit bagi petani untuk memproduksinya. Untuk setiap helai sutra yang kamu pakai dan setiap benang yang kamu gunakan, kamu harus ingat seberapa sulit orang bekerja untuk membuatnya”. Secara terus menerus mempertahankan sifat bersyukur di dalam hati kita adalah bagian dari De, dan dasar dari syarat untuk menjadi seorang manusia. Orang yang bahagia akan hidupnya mengerti rasa bersyukur. Ketika seorang dapat merasa bersyukur terhadap bunga, sebatang rumput, gunung dan sebuah genangan air, hidupnya pastilah kaya dan bahagia.

Adalah Mr.Stevens di sebuah kota di Amerika. Dia adalah seorang programmer dan bekerja di sebuah perusahaan perangkat lunak selama 8 tahun. Dia selalu merasa bahwa dia dapat menyelesaikan karirnya di perusahaan itu sampai pensiun. Tetapi secara tiba-tiba perusahaan tersebut tutup. Anak ketiganya baru saja lahir dan dia harus mencari pekerjaan segera. Akan tetapi setelah sebulan mencari kerja, dia belum dapat menemukan sebuah perkerjaan. Dia tidak mempunyai keahlian lain selain menjadi seorang programmer.

Akhirnya dia mendapatkan di sebuah surat kabar sebuah perusahaan perangkat lunak yang sedang mencari seorang programmer. Banyak orang telah melamar untuk posisi yang sama, dan persaingan sangat tajam. Setelah melewati wawancara pertamanya, perusahaan itu menyuruhnya untuk mengikuti ujian tertulis seminggu setelahnya. Dengan pengetahuan spesialisnya, dia melewati ujian tertulis dengan mudah. 2 hari kemudian, dia pergi untuk wawancara selanjutnya. Pada saat dia pergi wawancara, dia sangat yakin bahwa dia dapat melakukannya dengan baik karena bagaimanapun dia adalah seorang programmer yang handal. Akan tetapi pada saat wawancara kerja tersebut, pihak pewawancara tidak menanyakan mengenai pertanyaan teknis. Akan tetapi, mereka bertanya tentang ke manakah arah industri perangkat lunak ini akan berkembang. Dia belum pernah berpikir mengenai pertanyaan tersebut sebelumnya, dan tidak mempunyai sebuah jawaban yang bagus. Beberapa hari kemudian, dia diberitahu kalau dia tidak mendapatkan pekerjaan tersebut.

Meskipun dia tidak mendapatkan pekerjaan tersebut, Mr. Stevens berpikir bahwa dia telah belajar banyak selama proses wawancara kerja tersebut. Dia memutuskan untuk menulis surat untuk menunjukkan penghargaan dia. Dia menulis sebuah surat yang panjang kepada perusahaan tersebut. Dia berkata “Saya ingin berterima kasih untuk tenaga dan sumberdaya lainnya yang telah dipergunakan untuk memberikan kepada saya kesempatan berpartisipasi dalam ujian tertulis dan wawancara. Meskipun saya tidak diterima, melalui proses lamaran kerja ini, saya telah belajar hal-hal baru mengenai industri perangkat lunak. Terima kasih atas segala kerja yang telah kalian lakukan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih sekali lagi”

Perusahaan ini belum pernah menerima surat seperti ini sebelumnya dari seorang pelamar kerja yang tidak diterima. Surat ini disampaikan ke berjenjang-jenjang pemimpin perusahaan tersebut, dan akhirnya sampai ke kantor dari Presiden perusahaan tersebut. Setelah dia membaca surat tersebut. Dia tidak berkata apa-apa, tetapi menyimpan surat tersebut dalam laci kerjanya.

3 bulan kemudian, pada saat Hari Natal, Mr. Stevens menerima kartu yang indah, sebuah kartu selamat Tahun Baru. Kartu tersebut dikirimkan oleh perusahaan perangkat lunak dimana Mr. Stevens mengirimkan surat pernyataan berterima kasihnya. Dalam kartu itu tertulis “Mr.Stevens, kami ingin mengundang anda untuk merayakan Liburan Tahun Baru bersama kami”. Yang pada akhirnya, ketika perusahaan tersebut mencari tenaga kerja baru, Presiden dari perusahaan tersebut dengan cepat langsung berpikir kepada Mr.Stevens karena suratnya tersebut.

Perusahaan perangkat lunak tersebut ialah Microsoft Corporation. Setelah bekerja di perusahan tersebut lebih dari 12 tahun, Mr.Stevens melejit ke posisi wakil president perusahaan.

Meskipun semua orang mengetahui mengenai rasa bersyukur dan berterima kasih adalah sebuah kualitas moral, baik pada masyarakat yang dipenuhi dengan keuntungan materi, dalam sebuah lingkungan dimana kita percaya bahwa uang dapat berbuat segalanya, kita lupa akan rasa bersyukur. Ketika kita bisa melihat segala dengan rasa berterima kasih dan bersyukur, meski ketika kita mengalami kegagalan, hidup ini akan tetap indah dan menyenangkan. Bersyukur adalah rasa yang dalam, dia dapat menguatkan karakter seseorang. Bersyukur adalah awal dari kebahagiaan dan juga puncak dari keberhasilan. Karena dengan bersyukur kita menghargai hubungan yang telah ditakdirkan dan keberuntungan baik. Secara terus menerus mempertahankan rasa syukur akan memberikan keuntungan terbesar tidak kepada orang lain, tetapi kepada diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment

Translate

terselubung

Rangkuman Pelajaran Sekolah

Desktop Inspirations